Disamping
mengunakan teknik dan taktik yang di butuhkan oleh seorang atlet, keadaan
kondisi fisik dalam permainan estafet ini juga sangat di butuhkan untuk daya
tahan, kecepatan dan kelincahan. Maka dari itu di bawah ini akan di jelaskan
beberapa pola latihan untuk membangun dan menunjang atlet dalam cabang olahraga
estafet. Kami membagi lima pos untuk
masing-masing latihan estafet.
1)
Pos 1
Dalam latihan
ini menempatkan banyak orang, menggunakan roket mainan dan tongkat estafet. Pertama,
kita menempatkan lima orang yang berada di tengah menjadi titik pusat dari permainan dan sisanya menjadi
pagar yang membentuk lingkaran untuk di datangi oleh lima orang tersebut untuk
mencari roket dan tongkat estafet. Yang menjadi pagar menghadap belakang dari
titik pusat. Di tengah permainan ada instruksi yang akan memberi aba-aba
mengambil antara roket atau estafet dari teman yang menjadi pagar. Yang berada
di tengah akan menghampiri teman yang membawa roket atau estafet sesuai yang di
intruksikan dan kembali ke tengah
Tujuan:
a.
Melatih
kecepatan reaksi.
b.
Melatih
kecepatan berlari.
c.
Melatih
kelincahan.
d.
Pembelajaran
teknik memberi dan menerima tongkat.
Manfaat:
a.
Untuk melatih
kecepatan reaksi pemain.
b.
Untuk melatih
kecepatan.
c.
Untuk melatih
kelincahan dalam berlari.
d.
Untuk melatih
teknik pemberian dan penerimaan tongkat estafet dengan benar.
2)
Pos 2
Pos ini di bagi
menjadi tiga kelompok atau regu. Dalam masing-masing kelompok membutuhkan
kekompakan untuk menyelesaikan permainan ini. Masing-masing kelompok berbaris
menjadi satu barisan berbanjar, orang pertama yang terdepan membawa tongkat
estafet. Setelah di beri aba-aba mulai, pelari pertama berlari menuju kun
didepan dan berputar balik, kemudian berlari menuju kun dibelakang dan berputar
balik. Lalu tongkat diberikan pada pelari kedua. Dan seterusnya sampai pelari
terakhir. Ketiga regu di jalankan secara bersama-sama dan yang tercepat adalah
pemenang dari permainan ini.
Tujuan:
a.
Pembelajaran
teknik memberi dan menerima tongkat pada area pergantian yang telah ditentukan.
b.
Latihan
kekompakan tim.
Manfaat:
a.
Untuk melatih
teknik pemberian dan penerimaan tongkat estafet pada daerah pergatian yang
telah ditentukan.
b.
Untuk melatih
kekompakan tim.
3)
Pos 3
Pada pos ini
dibagi menjadi 2 kelompok, pelari dari tiap team dibagi dan ditempatkan
memanjang kedua sisi jalur lari. Kardus-kardus diletakkan pada suatu jalur lari
yang slalom atau kelak kelok. Tugasnya adalah pelari pertama memberikan tongkat
pada pelari kedua setelah melewati jalur kotak kardus yang kelak kelok.
Tujuan:
a.
Melatih
kelincahan berlari.
b.
Melatih
kecepatan berlari.
c.
Pembelajaran
teknik memberi dan menerima tongkat.
Manfaat:
a.
Untuk melatih
kelincahan dalam berlari.
b.
Untuk melatih
keccepatan berlari.
c.
Untuk melatih
teknik pemberian dan penerimaan tongkat estafet dengan benar.
4)
Pos 4
Pada pos ini
dibagi menjadi 2 kelompok. Satu kotak kardus diletakkan sepertiga jalur, sedangkan
yang lain satu kotak kardus diletakkan pada dua pertiga jalur lari. Pelari dari
tiap team dibagi dan ditempatkan memanjang kedua sisi jalur lari.
Tugasnya adalah
berlari ke kotak kardus yang terjauh, mengetukkan tongkat pada tanda di tengah
kardus, kemudian berlari kembali ke tempat kotak kardus yang terdekat,
mengetukkan tongkat pada tanda di tengah kardus. Lalu berlari ke sisi yang
berlawanan dengan memberikan tongkat tersebut kepada pelari berikutnya.
Tujuan:
a.
Melatih
kelincahan.
b.
Melatih
kecepatan berlari.
c.
Pembelajaran
teknik memberi dan menerima tongkat.
d.
Melatih
kekompakan tim.
Manfaat:
a.
Untuk melatih
kelincahan.
b.
Untuk melatih
kecepatan berlari.
c.
Untuk melatih
teknik pemberian dan penerimaan tongkat estafet dengan benar.
d.
Untuk melatih
kekompakan pemain dalam tim.
5)
Pos 5
Pos ini membagi
menjadi 2 kelompok. Pada lintasan lari, bola ditempatkan dengan jarak teratur
satu sama lain. Tugasnya adalah berlari mengelilingi bola sedemikian rupa
sehingga pelari pertama berlari mengelilingi bola pertama, pelari kedua
mengelilingi bola kedua, dan seterusnya. Sesudah berlari mengelilingi bola terjauh,
jarak lintasan lari dikurangi dengan
cara yang sama seperti waktu menambah sebelumnya.
Tujuan:
a.
Melatih
konsentrasi.
b.
Melatih
kelincahan.
c.
Pembelajaran
teknik memberi dan menerima tongkat.
d.
Melatih kekompakan
tim.
Manfaat:
a.
Untuk melatih
konsentrasi.
b.
Untuk melatih
kelincahan.
c.
Untuk melatih
teknik pemberian dan penerimaan tongkat estafet dengan benar.
d.
Untuk melatih
kekompakan pemain dalam tim.
0 komentar:
Posting Komentar