Pages

Senin, 10 November 2014

KESEHATAN GIGI & MULUT

Macam-Macam Sariawan

Sariawan, luka kecil di mulut yang sangat menyulitkan. Apalagi jika cekungan kecil itu tengah meradang. Ternyata, sariawan ada beragam. Ini lah empat macam sariawan.
1. Sariawan yang disebabkan jamur
Dalam bahasa medis, sariawan yang disebabkan jamur disebut sariawan kandidiasis oral atau moniliasis. Biasanya sariawan ini banyak ditemui pada bayi dan manusia lanjut usia. Bisanya, sariawan ini disebabkan oleh jamur akibat pengunaan antibiotika dalam waktu lama. Bisa juga disebabkan oleh kondisi gigi dan mulut yang tidak bersih.
2.Sariawan kambuhan
Kalau Anda pernah sariawan dan berulangkali kambuh ditempat yang sama, maka ini dikelompokkan menjadi sariawan kambuhan. Bisa dinamai Afte Rekuren dalam dunia medis. Sariawan ini berupa luka yang sifatnya tiba-tiba dan rasanya nyeri. Bisa muncul satu atau sekaligus berkelompok. Sariawan jenis ini biasa dipicu oleh kekurangan zat besi, vitamin C dan vitamin B12. Bisa juga muncul karena alergi, luka gigi dan stress.
3. Gangguan hormonal
Sariawan juga bisa disebabkan oleh gangguan hormonal, misalnya pada perempuan yang sedang menstruasi. Tentu saja, setiap orang mengalami reaksi berbeda-beda.
4. Sariawan akibat rokok
Sariawan juga bisa muncul pada mulut si perokok berat. Biasanya menyerang pada mereka yang mengkonsumsi nikotin terlalu banyak. Penyuka cerutu umumnya rawan dengan jenis sariawan yang satu ini, biasa disebut Stomatitis Nicotina. Sariawan ini cenderung menyerang daerah mulut di langit-langitnya karena lokasi itu lah yang terkena asap rokok. Sariwan tipe ini hilang seiring dengan menurunnya frekuensi merokok.
5. Sariawan akibat mulut kering
Mulut kering kurang memproduksi air liur atau saliva. Padahal, kalau kuantitas saliva menurun maka otomatis kualitasnya akan turun. Sariawan cenderung muncul pada mulut kering yang minim saliva. Karena itu, perbanyak mengunyah sayuran segar. Ketika kita mengunyah sayuran segar, akan dibutuhkan banyak saliva sehingga secara otomatis mulut akan memproduksi banyak saliva. Salah satu penyebab mulut kering ialah stress. Jadi saat Anda stress, sebaiknya perbanyak makan sayur dan buah, bukan mengalihkannya ke coklat ataupun es krim dalam jumlah besar

0 komentar:

Posting Komentar