Pages

Senin, 10 November 2014

KESEHATAN RAMBUT

Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Apakah anda menderita ketombe? Jika ya, maka sebaiknya anda membaca artikel ini, temukan bagaimana cara alami menghilangkan ketombe. Ketombe adalah salah satu kondisi gangguan di kulit kepala, dimana tidak seorangpun yang mau mengalaminya.
Apakah Ketombe Itu?
Ketombe adalah sejenis alergi kulit yang umum terjadi, dimana timbul di dekat rambut di kulit kepala yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Secara medis, ketombe tidak lain hanyalah lapisan luar kulit mati, yang timbul ketika ada terlalu banyak sel kulit mati yang kemudian membentuk serpihan-serpihan. Serpihan-serpihan kulit mati itu muncul di antara dan di sekitar folikel rambut di kulit kepala. Dengan menggoyang sejumput rambut, serpihan-serpihan atau kulit kering berwarna putih akan berjatuhan. Meskipun bukan penyakit, tetapi berketombe itu sangat menjengkelkan.
Penyebab Timbulnya Ketombe
Penyebab pasti ketombe masih belum diketahui. Namun ada beberapa penyebab umum timbulnya ketombe, yaitu :
- Jamur (Malassezea Furfur)
- Kondisi kulit kepala yang berminyak atau terlalu kering
- Pola makan yang buruk
- Stres
- Alergi makanan
- Polusi
- Produk perawatan rambut, misal shampo, hairspray dan lain-lain
Cara Alami Menghilangkan Ketombe
Berikut ini adalah beberapa cara alami untuk membantu mengurangi atau membantu menghilangkan ketombe secara efektif.
- Melakukan tes alergi. Bisa saja ketombe timbul karena alergi akan sesuatu, misal : polusi, makanan, produk perawatan rambut, dll.
- Makan dan minum dengan benar. Makan makanan dengan benar juga akan membantu menghentikan ketombe, jika penyebabnya karena pola makan. Diet yang baik yang meliputi buah-buahan dan sayuran mentah akan membantu mengontrol masalah kulit kepala. Juga jangan lupa minum air putih yang banyak.
- Minum suplemen. Beberapa suplemen yang baik adalah yang tinggi kandungan vitamin A, vitamin B Kompleks, vitamin B1 & B2, biotin, asam lemak esensial, vitamin omega dan seng, semua itu bagus dikonsumsi pada saat berketombe.
- Mengkonsumsi yoghurt. Yoghurt atau susu asam mengandung suatu bentuk bakteri yang disebut Acidophilus yang dapat membantu untuk menghilangkan ketombe.
Cara Alami Mengatasi Ketombe Yang Bisa Dilakukan di Rumah
- Menyikat rambut secara teratur. Memberikan tekanan pada kulit kepala pada saat menyikat rambut dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.
- Menggunakan cuka atau minyak kelapa. Campur cuka dengan air, lalu aplikasikan pada kulit kepala dengan bola kapas. Atau oleskan minyak kelapa pada kulit kepala dengan kuas atau ujung jari, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih selama kurang lebih 15 menit. Cara ini bisa mengatasi masalah ketombe selama 6 bulan.
- Menggunakan lemon. Campurkan satu sendok teh perasan lemon dengan air, setelah mencuci bersih rambut dengan shampo, bilaskan campuran ini ke rambut. Cara ini bisa mencegah ketombe dan juga membuat rambut berkilau.
Semua cara alami mengatasi ketombe ini bisa membantu mengurangi rasa sakit atau gatal di kulit kepala, yang seringkali mengganggu. Gunakan cara tersebut minimal selama satu bulan dan lihat bagaimana hasilnya. Setiap kondisi seseorang pasti akan berbeda, untuk itu disarankan mencoba beberapa cara di atas dan temukan mana yang sesuai dan efektif hasilnya.

0 komentar:

Posting Komentar