Pages

Senin, 23 Maret 2015

ARTICLES

Awas, tablet bikin anak sulit tidur!


Teknologi berikut dengan alat-alatnya saat ini telah mendominasi sebagian besar hidup umat manusia. Tak hanya mereka yang dewasa yang bisa bersentuhan dengan teknologi, namun buah hati Anda pun telah diperkenalkan sejak dini entah itu dengan ponsel, tablet, atau alat permainan lainnya yang berbasis teknologi.

Tidak bisa dipungkiri sebagai orang tua, Anda terkadang sering membiarkan buah hati Anda bermain dengan tablet kesayangan mereka. Bahkan hingga di waktu tidur, Anda tidak menjauhkan mereka dari alat teknologi ini. Padahal seperti dilansir dari dailymail.co.uk, para peneliti menemukan bahwa tablet mampu merusak jam alami untuk tidur.

"Cahaya biru yang dipancarkan oleh tablet mampu merusak ritme alami tubuh manusia. Ritme ini membuat Anda memiliki jam alami termasuk pola tidur dan sistem metabolisme tubuh. Namun dengan cahaya biru yang dipancarkan dan ditangkap oleh indera tubuh, maka ritme alami tubuh Anda mampu rusak karenanya. Hasilnya, tentu saja ritme tubuh akan kacau. Buah hati Anda akan kesulitan untuk tidur dan tidak mempunyai jam tidur yang teratur," terang Dr Anne-Marie Chang dari Penn State University. 

"Kurang tidur pada anak-anak dan remaja akan menyebabkan timbulnya masalah perilaku dan gangguan proses belajar. Selain itu kurang tidur juga mampu membuat mereka cedera, perubahan suasana hati yang drastis, ketidakmampuan dalam mengatur emosi, serta kecenderungan untuk mengalami obesitas," tambahnya. "Oleh karena efek buruk tersebut, maka kami menyarankan pada orang tua agar membatasi penggunaan tablet pada buah hati mereka."

Teknologi memang mampu memberikan informasi dan memudahkan kehidupan manusia. Namun jangan sampai Anda menjadi terlena karenanya dan bahkan membiarkan teknologi merusak kesehatan tubuh Anda.

0 komentar:

Posting Komentar